Peran Pemuda Tegalwaru di Tengah Pandemi bersama Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat

Dokumentasi Panitia L3B Tegalwaru

Tegalwaru, 18 Mei 2020 - Telah dilaksanakan kegiatan "Peran Pemuda Tegalwaru di Tengah Pandemi bersama Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat" merupakan kegiatan yang digagas oleh Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat berkolaborasi bersama Forum Remaja Tegalwaru, Viking Tegalwaru, VRI (Vertical Rescue Indonesia) Regional Kab. Purwakarta, Mahasiswa S2 B. Indonesia IKIP Siliwangi Cimahi, Honda Classic Plered, PMI (Palang Merah Indonesia), SINTEG (Silaturahmi Insan Tegalwaru) dalam rangka aksi sosial dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kecamatan Tegalwaru di bulan Ramadhan. Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat membuka donasi terbuka dari tanggal 28 April hingga 17 Mei 2020. Donasi yang berhasil dikumpulkan berupa 7 lusin masker, puluhan liter disinfektan, hingga ratusan takjil dari donatur dan dermawan yang telah ikut berkontribusi.

Komitmen Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat tidak hanya diaplikasikan pada konsen dunia pendidikan, minat bakat saja, melainkan juga diterapkan dalam aksi sosial kemasyrakatan. Hal tersebut terlihat dari bagaimana kegiatan ini berlangsung, yang bertempat di area strategi Kecamatan Tegalwaru, yakni di Perempatan Warungjeruk. Antusias dari Pemuda Tegalwaru yang tergabung dalam Forum Remaja Tegalwaru pun tak terbendung, dari mulai DKR Tegalwaru, Forum Relawan Tegalwaru, Koordinator Paskibra Kec. Tegalwaru, PAC IPNU Tegalwaru, PAC IPPNU Tegalwaru, KOSAPALA Tegalwaru, Pencak Silat Cari Wargi Harapan, Saka Kencana Tegalwaru, Saka Bhakti Husada Tegalwaru, GNI-Berbangsa Pengurus Ranting Tegalwaru hingga Purna DKR Tegalwaru.

Bentuk kepeduliaan dari Pemuda Tegalwaru bersama Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat tersebut dituangkan melalui aksi sosial kemasyarakatan berupa Gerakan Masker Gratis, Gerakan Takjil Gratis, Gerakan bersih-bersih Masjid, Gerakan Disinfektan Gratis, Penyemprotan Disinfektan yang sudah berlangsung selama pandemi covid-19 ini di seluruh area Kecamatan Tegalwaru, hingga pada sampai akhirnya di senin sore 18 Mei 2020 itu puncak dari kegiatan yang digagas oleh Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat. Sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini yakni bidang sosial, pendidikan dan lingkungan maka gerakan masker gratis dan gerakan takjil gratis menyasar tukang ojeg, supir angkot hingga masyarakat pedesaan.

Berbarengan dengan kegiatan tersebut, sebelumnya Ketua Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat, Muhammad Ahmad Yani berkesempatan menerangkan pentingnya edukasi mengenai pandemi Covid-19 dengan menjadi Narasumber di Pesantren Ramadhan Online 1441 H yang diselenggarakan oleh Rekan-Rekanita PAC IPNU IPPNU Tegalwaru, dan tak lupa Ibnu Ramadhan selaku Sekretaris pun menjadi Narasumber di dalamnya, mengenai "Peran Pelajar dan Santri di era Revolusi Industri 4.0" pada hari terakhir materi, pada Sabtu, 16 Mei 2020 melalui media daring WhatsApp Group.

Kemudian, gerakan masker dan gerakan takjil kali ini sangat istimewa karena kami memiliki kesempatan untuk berbagi kebahagiaan bersama masyarakat Kecamatan Tegalwaru. Ditambah lagi, bantuan yang diberikan ini hadir dari kesadaran individu para Pemuda Tegalwaru yang turut serta memberikan bantuan baik berupa masker maupun takjil dan yang lainnya, yang pada akhirnya kegiatan ini dapat berjalan sebagai mana mestinya juga didukung semangat dan rasa kemanusiaan yang tertanam dalam setiap individu Pemuda Tegalwaru, yang kemudian diaplikasikan lewat gerakan komunal serta mampu menyatukan semua elemen individu dan organisasi di daerah Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat.

Sementara itu, Muhamad Ahmad Yani selaku Ketua L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat menerangkan bahwa rasa bentuk kepeduliaan terhadap sesama harus ditingkatkan sejak saat ini, baik dari segi sosial, budaya, lingkungan, dan bidang lainnya. “Kami hanya ingin hidup kami berguna buat masyarakat. Mendampingi mereka dengan cinta yang kami punya. Menjadikan mereka bagian dari hidup kami, karena kami juga bagian dari mereka, dari masyarakat” ucap Muhamad Ahmad Yani yang juga Mahasiswa Pertanian UNINUS Bandung ini.

Dokumentasi Panitia L3B Tegalwaru

Lebih lanjut lagi, selaku Sekretaris L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat berharap "kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kecamatan Tegalwaru, adapun yang kami berikan belum seberapa, namun semangat, daya juang, rasa kemanusiaan harus tetap digelorakan walaupun #dirumahaja tak menjadi alasan untuk tidak berdiam diri melihat situasi dan kondisi yang ada di lapangan". Serta "diharapkan menumbuhkan rasa peduli dan cinta kasih terhadap sesama dan menjadi pribadi yang selalu bersyukur", ungkap Ibnu Ramadhan yang saat ini selaku Ketua Biro Media Pers dan Jurnalistik PC PERMATA Bandung ini.

Memasuki usianya ke-9, L3B Tegalwaru ini terus konsisten berinovasi memberikan layanan terbaik. “Acara ini sekaligus tasyakuran untuk apa yang telah L3B Tegalwaru raih selama ini. Semoga seluruh pencapaian yang ada tidak membuat kami jumawa dan terlena tetapi selalu terus memberikan yang terbaik serta tetap menjadi pribadi yang rendah hati, menjunjung tinggi integritas dan kredibiilitas dan tetap mementingkan kepentingan bersama,” terangnya.

Tentang L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat

L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat merupakan event tahunan yang sudah berjalan selama 8 tahun, dan tahun 2020 tepat memasuki gelaran ke-9. L3B kali ini mengusung “Road to One Decade” sebagai langkah menyongsong gelaran ke-10 tahun di 2021. Adapun L3B (Lomba Lintas Lembah dan Bukit) memiliki konsen terhadap isu pendidikan, lingkungan, keterampilan, di ranah Pelajar baik dari tingkatan SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA. L3B berkomitmen untuk senantiasa memberikan wadah bagi Pelajar untuk menyalurkan, mengembangkan minat dan bakat baik secara individu maupun komunal.

Panitia L3B Tegalwaru ke-9 se-Jawa Barat

Ketua Pelaksana
M. Ahmad Yani

Sekretaris
Ibnu Ramadhan

Post a Comment

0 Comments