Warga Yang Baik Tidak harus Memuji Pemerintah


Foto Hanya Pemanis

Semoga hujan yang menahanku di teras bank dekat mesin ATM ini melahirkan inspirasi untuk aku sedikit mengingat tentang beberapa hal yang terjadi dalam waktu dekat ini demgan sedikit sentuhan imajinasi serta gagasan yang terlahir dari pengetahuan yang ada pada diriku.


Mr. C (untuk sebutan wabah yang melanda dunia kita saat ini) biar kita sedikit rileks, nyaman, dan tidak merasa terjajah dengan adanya wabah seperti itu. Meski banyak sekali sebenarnya yang membunuh demokrasi kita untuk melakukan banyak hal umpamanya, atau hanya sekedar berpikir untuk melahirkan gagasan serta ide-ide baru yang menjadi motivasi serta inspirasi untuk pemerintah kita saat ini, dimana banyak sekali hal-hal yang tertuang dalam postingan atau twittan tentang mereka (pemerintah).


Saya sendiri, tidak terlalu panatis tentang aktivitas media yang seperti itu, toh kebebasan pengguna kan untuk melakukan banyak hal didalamnya. 


Senang rasanya ada kritikan yang terus tertuang dan tersaji sebagai makanan pembuka untuk mereka yang mungkin sedang tidak sedap makan karna terlalu banyak berpikir mencari solusi untuk semua ini (jika memang begitu). Tapi, rasanya tidak ada tuh atau mungkin saya belum melihat atau merasakan tindakan yang meyakinkan dari mereka. Maafkan saja jika saya belum merasakan.


Ada yang mengatakan 'pemerintah itu tidak perlu dipuji' ada juga yang mengatakan 'harus turut kepada umaro' dengan berbagai alasannya. Terserah sih, bukan urusan saya. Perspektif kita kan berbeda, pandangan kita juga berbeda, bisa dilihat dengan bentuk bulu halis atau bulu mata kita, bahkan kalau mau silahkan dihitung bulunya ada berapa dan samakan.


Negara yang baik adalah negara yang mengedepankan warganya, dan pemerintah yang baik adalah pemerintah yang yang menghilangkan egonya. Kan kita tau itu, tak perlulah terus mengatakan hal yang sama yang tidak ber-efek apapun. Mungkin juga itu yang dipikirkan oleh Netizen yang sangat bijak dalam mengkritisi pemerintah kita. 


Harapan demokrasi kita harus harus kita junjung setinggi mungkin, karena sebagai cita-cinta negara kepada warganya, namun pemerintah yang busuk haruslah kita kritisi karena itu merupakan bentuk penghiatan kepada rakyatnya.

Wassalam
Barokallah :)

Post a Comment

0 Comments