Rayakan Open Data day, Inisiatif mengadakan workshop terkait edukasi Keterbukaan Data


Sesi Foto Bersama di Workshop Open Data Day 2020 (Foto : INISIATIF/PERMATA.OR.ID)



INISIATIF bersama Open Data Lab mengadakan Kegiatan Workshop "Budget Crediblity Tracking" untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas anggaran Publik dalam memperingati Open Data Day 2020 yang dilaksanakan di Hotel Bumi Asih,Kota Bandung,Sabtu (07 Maret 2020).

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa organisasi dan kampus yang berada di Bandung, dan disampaikan beberapa materi dan pelatihan terkait Open Data dan Anggaran Publik untuk memudahkan pengelolaan dan pemanfaatannya dalam meningkatkan layanan publik.

Neneng dari Open Data Lab mengatakan dari kegiatan ini diharapkan kepada semua yang hadir dapat mengimplementasikan apa yang telah diatur dalam Perpres satu data Indonesia.
"Jadi Perpres kan sudah keluar, yaitu Perpres 39 tahun 2019 diharapkan apa yang tertuang dalam Perpres tersebut dapat diimplementasikan dengan baik dan cepat", ungkapnya saat ditanya Oleh PERMATA.OR.ID.

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia diteken Presiden Jokowi pada tanggal 12 Juni 2019. Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia diundangkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 112 di Jakarta pada tanggal 17 Juni 2019 oleh Menkumham Yasonna H. Laoly.

Wulandari dari INISIATIF pun menjelaskan bahwa data terbuka itu datanya mudah diakses,lengkap,dan bisa disimpan dan digunakan beberapa lama dimanapun dan kapanpun.
"Diharapkan badan publik mampu mengimplementasikan keterbukaan data, agar masyarakat dapat mengontrol berpartisipasi aktif dalam melakukan pengawasan untuk memperbaiki perubahan lebih baik kedepannya," ungkapnya.

International Open Data Day adalah acara tahunan yang mempromosikan kesadaran dan penggunaan data terbuka . Ini terjadi secara global, biasanya pada bulan Februari atau Maret. Kegiatan yang umum termasuk pembicaraan, seminar, demonstrasi, pelatihan atau pengumuman rilis data terbuka atau tonggak penting lainnya dalam data terbuka. Di beberapa negara ini terjadi bersamaan dengan peristiwa pengkodean Kode Lintas.

 (ziun)

Posting Komentar

0 Komentar