Filosofi Mahasiswa ; Tanya Mahasiswa

Pandangan masyarakat secara luas menganggap atau menetapkan Mahasiswa sebagai kumpulan orang yang berilmu dan berpengetahuan.
Mengapa itu bisa terjadi?
Karena kenyataannya begitu.
Siapapun ia, selam ia adalah mahasiswa, pastilah ia pandai, cerdas, pintar, berilmu, dan mempunyai kemampuan.
Mengapa memiliki ilmu pengetahuan?
Karena mereka belajar. Ilmu-ilmu yang terhampar luas, mereka serap sedikit demi sedikit. Mereka gunakan untuk kemaslahatan baik diri sendiri maupun masyarakat luas. Kemudian mereka kembangkan lagi, sehingga ilmu yang ada bertambah luas.
Bukankah tanpa menjadi mahasiswa, manusia dapat hidup?
Pemikiran yang benar, tapi keliru. Mahasiswa itu adalah manusia terpilih. Berbeda dengan makhluk hidup lain, seperti hewan, tumbuhan, benda mati, bahkan manusia lainnya yang bukan mahasiswa. Sebagai bagian dari manusia, pastilah ia memiliki akal. Nah, apa guna akal? Berpikir? Tepat. Akal adalah sesuatu yang selalu aktif jika digunakan. Itulah manusia. Tanpa akal yang digunakan ia hanya seonggok daging hidup. Maka jangan heran disekitar kita banyak yang seperti itu.
Bukankah setiap manusia dari lahir sampai mati selalu berpikir?
Benar. Namun, berpikir seperti apa? Berpikir baik atau sekadarnya? Nah, itulah yang membedakan Mahasiswa dan bukan Mahasiswa. Tetapi, berita buruknya, ada mahasiswa yang tidak pernah berpikir - dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar