Kajian 'Asas Primordialisme' PERMATA Cabang Purwakarta


Primordialisme berasal dari bahasa Latin yaitu primus yang berarti pertama dan ordiri yang artinya tenunan atau ikatan. Tetapi dalam arti yang lebih luas primordialisme dapat diartikan  sebuah paham yang memegang teguh budaya yang dipakai sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang sifatnya kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Begitupun budaya yang utuh itu memiliki makanan khas, pakaian adat dan hiburan. Indonesia...kaya dengan berbagai macam suku bangsa yang menghiasi keanekaragaman bumi pertiwi ini utuh dengan makanan khas, pakaian adat dan hiburan khas daerah. Harusnya dengan keanekaragaman ini membuat Indonesia semakin maju dengan ciri khas daerahnya masing masing. Masuk ke kancah international untuk memperlihatkan betapa Indonesia semakin makmur dengan kekayaan budaya yang dimiliki. Ini adalah jatidiri kebangsaan yang harusnya kita pegang teguh. Tapi kenyataannya ini tidak menjadikan orang orang Indonesia bangga dengan kekayaan budaya yg kita miliki. Kita lebih senang menjadi manusia yang mengikuti trendy masa ini "Yang kuno disebut primitif dan ditinggal oleh temannya". saya sendiri toleran terhadap apa yang mereka pakai saat itu. Toh ga merusak pandangan saya, jadi "ya rapopo". Eh terkadang ada juga manusia yang menjadikan budaya yg berbeda itu untuk feed instagram dan story. Ya tetep kali ya harus instagramable. 

Semua orang punya caranya masing masing untuk menjaga kelestarian budaya yang dipegang teguh oleh lingkungannya. Sejalan dengan negara negara maju yang saat ini tetap memegang teguh ciri khas negara yang membuat Negara mereka semakin di kenal di kancah dunia. Saya kasih contoh : 

Jepang....
Dengan pakaian kimono, makanan khas ramen, hiragana nya yg sudah mendunia, lalu kusarigama senjata tajam khas jepang yang sepertinya ada juga di permainan perang seperti PUBG kayanya ya...
Lalu negara Chinna 
Dengan Kung fu yang suka di perankan oleh jackie chan, kuil dan aksara han nya yang lagi lagi di kenal oleh masyarakat dunia. 

Itulah nama negara negara yang bangga dengan primordialismenya. 

Lalu Indonesia ? Masih enak enak aja menikmati makanan khas ramen di Indonesia, datang ke China Town untuk foto foto di kuil, ikut olahraga Kung Fu biar dikata mirip Jackie chan. Duuuuh ga gitu bambang!

Seperti halnya yang terjadi beberapa waktu lalu, seorang chef asal Malaysia menyajikan kuliner ayam rendang pada sebuah kontes masak Master Chef Inggris. Rendang loh, dimasak oleh negara orang. Heboh dong warga net. Akibatnya semenjak itu rendang malaysia menjadi sangat populer. Ih kamu kesel ga sih bacanya ? Ada klarifikasi dari kemenpar.

Seperti yang dilansir Grid.ID dari Kompas, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengatakan jika rendang Malaysia menjadi populer karena dimasak oleh chef terkenal. Akhirnya, orang mengira jika rendang adalah makanan dari negara Malaysia.Oleh karena itu, Arief mengatakan jika dirinya akan mempopulerkan rendang di kancah internasional.

Salah satu cara yang akan ditempuh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) adalah dengan menggunakan endorser yang baik.

Indonesia kaya ga punya chef terbaik aja yak, padahal rendang asli minangkabau ini harusnya di lakukan endorser ke orang asli Minangkabau, ya juri ga akan buta rasa lah yak. Ternyata masih ada yang cacat nih pemikiran pemerintahan kita:)))

Kasus rendang tersebut adalah ciri dimana kita harusnya ikutan geram dan protes, eh tapi kita keburu terlalu enak dengan kekayaan alam untuk instagramable sampe gatau kasus apa aja yg pernah terjadi di budaya yg sering kita lihat itu. 

Sekian dari saya. 
Semoga ini menjadi pukulan besar untuk kita semua, bahwa kita harus menjaga kekayaan budaya yang hari ini kita miliki. Jangan sampe kocolongan lagi. Katanya cinta Indonesia tapi gerakannya masih di jempol doang (update status). 

Salam cinta dan salam hangat dari kami permata cab. Purwakartađź–¤

Posting Komentar

0 Komentar