Breaking News

Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (PERMATA) Dalami Temuan Situs Sejarah Petilasan Sangkuriang di Desa Kutamanah, Sukasari - Purwakarta

Tim Arkeolog Melakukan Penelitian
PURWAKARTA - Tim arkeologi dari Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (PERMATA) terus mendalami keberadaan situs sejarah petilasan Sangkuriang yang berada di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. 

Proses pendalaman ini dilakukan melalui pengecekan usia serta analitic megastruktur sejak Minggu (26/05/19) lalu. 

Dalam peneliannya, tim arkeologi menemukan hasil yang cukup mencengangkan dimana usia batu berjenis atessit (atelan) pada situs tersebut cukup tua yakni 1227 Ths. Batu ini memiliki ketinggian sekitar 2-2,6 meter dengan panjang beragam karena keberadaannya parsial (tidak menyatu).


Menurut Ketua-Tim Arkeologi PERMATA, Indra Nugraha. Situs sejarah petilasan Sangkuriang berupa tumpukan batu dengan punden berundak ini secara megastruktur merupakan suatu tempat peribadatan di masa lalu yang dibangun pada abad ke-8 (792 M). 

Dalam hal ini, Indra pun menyatakan bahwa penelitian ini harus terus dilakukan. "Menurut saya penelitian mengenai temuan situs sejarah ini harus terus dilakukan hal ini sangatlah penting karena, dengan di adakannya penelitian ini kita dapat mengetahui identitas peradaban leluhur bangsa kita. Dan hal ini tentunya dapat menjadi kebanggan bagi masyarakat Kampung Ciputat, Purwakarta mereka akan menyadari bahwa leluhurnya dimasa lalu telah meninggalkan titik peradaban dengan nilai yang Adiluhung' Ujarnya di lokasi pada Minggu (26/05/19). 

Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (permata) berkomitmen akan terus melakukan penelitian ini, serta ikut menjaga dan melestarikan situs peninggalan leluhur Nusantara.