Hakikat Pendidikan

Foto Oleh Google
Pendidikan merupakan salah satu kunci yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, bagi kehidupan manusia pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhui sepanjang hayat, sekolah atau lingkungan pendidikan dianggap sebagai bagian dari total cultural milieu, dimana pendidikan menjadi penggerak dalam kehidupan manusia dan menjadi cerminan dalam sebuah peradaban dalam suatu negara. Dari pendidikan inilah menghasilkan pribadi-pribadi masyrakat yang lebih manusiawi, berdaya guna dan mempunyai pengaruh dalam masyarakat, juga bertanggung jawab kepada kehidupanya sendiri dan orang lain. Pada  dasarnya pendidikan adalah, proses memanusiakan manusia (humanis) dan mengembangkan potensi yang terdapat pada diri manusia, yang memberikan  suatu pengalaman sebagai pembelajaran yang di kembangkan melalui interaksi sosial kepada manusia lainnya.

Manusia merupakan makhluk yang dinamis, dan bercita-cita ingin meraih kehidupan yang sejahtera dan bahagia dalam arti yang luas, baik lahiriah maupun batiniah, duniawi dan ukhruwi. Semakin tinggi cita-cita manusia semakin menuntut kepada peningkatan mutu pendidikan sebagai sarana mencapai cita-cita tersebut. Pendikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan manusia tidak dapat berkembang sejalan dengan cita-cita untuk maju. Pendidikan bukan saja sebagai usaha pemberi informasi dan pembentukan keterampilan saja, namun di perluas sebagai kebutuhan yang sejalan untuk mewujudkan cita-cita manusia.









Oleh karena itu, sebagai makhluk yang diberikan akal untuk berfikir, pendidikan tertentu akan menjadi jalan bagi manusia dalam upaya maksismalisasi potensi yang diberikan tersebut. Pendidikan akan menjadi landasan manusia dalam bersikap dan bertindak dalam proses hidup bermasyarakat dan berbudaya. Sehingga mampu hidup dalam keseimbangan. Pendidikan bukan hanya dalam konteks sekolah-sekolah formal seperti yang kita kenal selama ini. Namun, pendidikan lebih dari sekedar paham seperti itu. Pendidikan bukan hanya proses transper of knowledge, tetapi pendidikan merupakan sebuah kemampuan manusia untuk mengenal potensi dirinya sendiri dan mampu mengembangkan potesi tersebut, sehingga pada akhirnya manusia dengan kemampuan dan kesadaranya, menjadi manusia yang bebas dan tidak terikat.

Oleh : VI Ableh

Posting Komentar

0 Komentar